April 10, 2017

Hari Pertama Sebulan Penghayatan Dhamma (SPD) di Vihara Vanna Sukha Bhumi

Satu bulan menjelang peringatan hari Tri Suci Waisak tahun 2017, umat Buddha Vihara Vanna Sukha Bhumi di Desa Wonoharjo mengadakan kegiatan Sebulan Penghayatan Dhamma atau yang dikenal dengan istilah SPD. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun. 

Sebulan Penghayatan Dhamma (SPD) di Vihara Vanna Sukha Bhumi

Animo umat untuk mengikuti kegiatan SPD tampak jelas di hari pertama pelaksanaan SPD. Umat memenuhi ruang Dhammasala bahkan ada juga sebagian umat yang berada di luar Dhammasala. Meskipun udara malam sangat dingin namun tidak menjadi penghalang umat menunjukan rasa hormat dan bakti pada guru Buddha dengan melaksanakan puja bakti yang dilaksanakan pada malam hari. 

Sebulan Penghayatan Dhamma (SPD) di Vihara Vanna Sukha Bhumi

Puja Bakti dalam rangka SPD di hari pertama dipimpin oleh Marsino, salah satu pemuda dari Vihara Vanna Sukha Bhumi yang juga alumni SMK Mpu Tantular di Buntu Banyumas. Puja bakti diikuti oleh anak-anak, remaja, dan orangtua. Inilah salah satu bentuk kekeluargaan yang ada di Vihara Vanna Sukha Bhumi. Anak-anak, remaja, dan orangtua menyatu dalam satu kegiatan.

Sebulan Penghayatan Dhamma (SPD) di Vihara Vanna Sukha Bhumi
Sebulan Penghayatan Dhamma (SPD) di Vihara Vanna Sukha Bhumi

Di Vihara Vanna Sukha Bhumi selain diadakan kegiatan dalam rangka persiapan peringatan Wasiak juga akan diadakan kegiatan perayaan Waisak bersama se-Kabupaten Kebumen yang akan diadakan pada tanggal 27 Mei 2017 yang akan mengundang seluruh umat Buddha sewilayah Kebumen dan wilayah terdekat di luar Kebumen. Untuk kegiatan perayaan Waisak, menurut informasi dari umat membutuhkan dana sekitar Rp. 26 Juta rupiah. Dana berasal dari partisipasi umat Buddha se Kebumen. Meskipun demikian, bila ada Donatur yang mau berpartisipasi dalam kegiatan ini dapat menghubungi panitia atau pengurus Vihara Vanna Sukha Bhumi.

Hari Pertama Sebulan Penghayatan Dhamma (SPD) di Vihara Vanna Sukha Bhumi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Vihara Vanna Sukha Bhumi