May 6, 2011

Pattidana di VVSB

Belum lama ini tim vannamanggala berkunjung ke VVSB. Kami berkunjung pada hari Sabtu malam tanggal 01 Mei 2011. Sampai di VVSB sekitar pukul 19.30 WIB. Ternyata di sana umat sudah memenuhi ruang Dhammasala yang seluas 8 x 8 meter. Mereka ada yang berusia lanjut, ada pula yang masih balita. Semuana berbaur menjadi satu. Tak lama kemudian, pemimpin puja bhakti membuka dengan memberitahukan bahwa pada malam tersebut akan diadakan upacara pattidana.

Upacara pattidana adalah upacara pelimpahan jasa kebajikan untuk para sanak saudara yang sudah meninggal. Tujuannya adalah berharap agar para sanak keluarga yang sudah meninggal dan terlahir kembali di alam menderita (peta) ikut berbahagia hingga akhirnya bertumimbal lahir kembali di alam yang bahagia. Sebelum melakukan pattidana umat terlebih dahulu berbuat kebajikan. Nah inilah yang membuat dana paramita dilakukan di awal puja hakti. Umat pun dengan antusias berdana untuk kemajuan Buddha Dhamma di VVSB. Pattidana pada malam itu ternyata diadakan oleh beberapa keluarga.

Setelah dana paramita, upacara pattidana pun dimulai dengan pembacaan gatha, patha, paritta dan sutta. Selanjutnya diadakan meditasi cinta kasih dan dhammadesana. Di akhir acara, umat mengadakan makan bersama. Ada berbagai macam kue tersedia. Kami pun berbaur dengan umat untuk menikmati kue-kue itu.

Nah.... tradisi Buddhis seperti di atas perlu dijaga. Umat VVSB pun telah berkali-kali mengadakan upacara pattidana, tidak hanya di vihara, namun di rumah umat juga sering diadakan. Tim vannamanggala mengucapkan anumodana atas kebajikan yang mereka perbuat.


Sekedar Info:
Vihara Vanna Sukkha Bhumi ternyata masih dalam proses penyelesaian bangunan vihara. Menurut informasi yang kami dengar dari pengurus, ada beberapa umat yang meminjamkan bata untuk segera menyelesaikan bangunan vihara. Wah...ini harus segera diganti.

Kemudian secara fisik, karpet yang ada saat ini sudah sangat lapuk Mohon para pembaca berkenan MEMBANTU.

Segera bantu umat VVSB dengan mengirimkan dana ke nomor rekening vihara yang ada di bagian samping blog ini. Jika sudah mengirimkan dana mohon konfirmasi kepada tim vannamanggala via sms atau facebook

Pattidana di VVSB Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Vihara Vanna Sukha Bhumi